Survei Kepuasan Pelanggan, Perumda Tirta Kahuripan Tingkatkan Kualitas Pelayanan
- account_circle Sandi
- calendar_month 18 jam yang lalu
- comment 0 komentar

Surveri Kepuasan Pelanggan, Perumda Tirta Kahuripan Tingkatkan Kualitas Pelayanan
bogorplus.id- Sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor kembali melaksanakan Survei Kepuasan Pelanggan (SKP) Tahun 2025.
Kegiatan itu merupakan agenda rutin perusahaan sebagai bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan air minum terbaik kepada 230 ribu pelanggannya.
Pelaksanaan SKP sendiri dimulai bulan Juli hingga 10 Agustus 2025 di 9 wilayah cabang pelayanan.
Survei itu melibatkan 1.117 responden rumah tangga (domestik) mewakili 31 kecamatan yang dilayani Perumda Air Minum Tirta Kahuripan.
Direktur Umum Perumda Air Minum Tirta Kahuripan, Abdul Somad berharap seluruh pelanggan untuk berpartisipasi aktif dalam survei tersebut.
Ia juga menyampaikan, survei ini dilakukan dengan metode kombinasi antara wawancara tatap muka dan e-survei yang mengevaluasi lima aspek pelayanan.
Aspek ini meliputi produk, meter air, sistem penagihan, pengaduan pelanggan dan gangguan suplai air.
“Kami mohon kepada pelanggan yang didatangi petugas seveyor untuk meluangkan waktunya melakukan wawancara,”ujarnya, Selasa (22/7).
Selain itu, Perumda Air Minum Tirta Kahurupan juga mempersilahkan pelanggan untuk menyampaikan realita pengaliran air di rumah secara berimbang.
Hal ini akan menjadi indikator kualitas pelayanan sekaligus untuk mengidentifikasi harapan dan kebutuhan pelanggan kedepannya.
“Hasil SKP ini akan dijadikan acuan untuk penyusunan program kerja di bidang pelayanan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan,”ucapnya.
“Contohnya pada SKP tahun lalu ditemukan adanya keinginan pelanggan untuk kemudahkan akses informasi gangguan pengaliran dan kemudahan pembayaran tagihan rekening air,”sambungnya.
Pada Tahun 2025 Perumda Air Minum Tirta Kahuripan telah meluncurkan aplikasi kepelangganan yang bernama MyKahuripan.
Aplikasi itu memiliki berbagai fitur yang sangat memudahkan pelanggan, mulai dari sambungan baru, info gangguan pengaliran, kanal pengaduan, cek tagihan hingga bayar tagihan air langsung di aplikasi MyKahuripan.
“Oleh Sebab itu, setiap masukan pelanggan akan menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan kedepannya.” tutupnya.
Tak hanya itu, sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat sekaligus dalam rangka memperingati HUT RI ke-80.
Perumda Air Minum Tirta Kahuripan juga menghadirkan program Diskon Sambungan Baru hanya membayar sebesar Rp800.000,-.
Program ini berlaku selama bulan Agustus 2025, khusus bagi masyarakat di wilayah pelayanan yang belum menjadi pelanggan.
Sebagai informasi tambahan, Aplikasi MyKahuripan dapat diunduh melalui Play Store pada tautan: bit.ly/mykahuripan dan untuk informasi lebih lanjut.
Pelanggan dapat mengunjungi www.tirtakahuripan.co.id atau menghubungi Call Center 1500 862, WhatsApp 0821-1996-9008, dan akun media sosial Instagram resmi di @perumdaairminumtirtakahuripan
- Penulis: Sandi