BCA Mobile Down Hari Ini? Ketahui Penyebab, Status Terbaru, dan Jalur Pengaduannya
- account_circle Dheza
- calendar_month 7 jam yang lalu
- comment 0 komentar

Layanan perbankan digital milik Bank Central Asia (BCA) down hari ini, Senin, 4 Agustus 2025. (Dok.BCA)
Bogorplus.id – Layanan perbankan digital milik Bank Central Asia (BCA) tengah down hari ini, Senin, 4 Agustus 2025.
Sejak Senin siang, sejumlah nasabah di berbagai daerah mengeluhkan kesulitan dalam mengakses aplikasi BCA Mobile maupun layanan KlikBCA.
Keluhan yang paling banyak dilaporkan berkaitan dengan kegagalan dalam melakukan transaksi keuangan, khususnya saat mencoba mengirim dana atau membayar tagihan.
Masalah yang muncul ditandai dengan munculnya pesan kesalahan bertuliskan ‘Inquiry Ubah Status Gagal’ pada layar aplikasi.
Menanggapi lonjakan pengaduan yang masuk, pihak BCA melalui layanan pelanggan Halo BCA akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi.
Dalam keterangan yang dibagikan melalui layanan WhatsApp Halo BCA dan akun media sosial resmi.
“Mohon maaf atas ketidaknyamanannya Bapak/Ibu Pelanggan. Saat ini terdapat kendala, namun sedang dalam penanganan pihak Analis ya. Silakan menunggu dan mencoba berkala,” tulis Halo BCA di platform X (dulu Twitter).
Pihak bank belum merinci secara spesifik penyebab gangguan, namun memastikan tim teknis sedang menangani kendala tersebut.
Penyebab Gangguan BCA Mobile
Berdasarkan pengalaman sebelumnya, berikut beberapa faktor yang kerap menjadi penyebab BCA Mobile mengalami error.
1. Nomor Ponsel Tidak Aktif
Jika nomor ponsel yang terdaftar di sistem BCA tidak aktif, pengiriman OTP (One-Time Password) akan gagal, sehingga transaksi tidak dapat diproses.
2. OTP Tidak Terkirim karena Pengaturan Dual SIM
Pengguna ponsel dengan fitur dual-SIM kerap menghadapi masalah pengiriman OTP.
Jika SIM utama tidak dikonfigurasi dengan benar, sistem BCA tidak dapat mengirimkan kode verifikasi.
3. Versi Aplikasi Tidak Terbaru
Menggunakan aplikasi BCA Mobile versi lama juga dapat menyebabkan error. Disarankan untuk selalu memperbarui aplikasi ke versi terbaru.
4. Limit Harian Transfer Tercapai
Jika pengguna telah mencapai batas maksimum transfer harian, sistem akan menolak transaksi selanjutnya hingga reset pada hari berikutnya.
5. Gangguan BI–FAST atau Maintenance Berkala
Gangguan juga dapat terjadi akibat sistem eksternal seperti BI–FAST, atau karena pemeliharaan sistem rutin yang dilakukan oleh BCA pada pukul 22.00 hingga 04.00 WIB.
Jalur Pengaduan dan Layanan BCA
Jika mengalami kendala serupa, nasabah BCA dapat menghubungi layanan pelanggan melalui.
- Halo BCA 1500888
- WhatsApp resmi Halo BCA di 0811 1500 998
- Email: halobca@bca.co.id
- Media sosial resmi @GoodLifeBCA (X dan Instagram)
Untuk keperluan mendesak, nasabah juga dapat menggunakan layanan ATM BCA atau internet banking KlikBCA, bila tidak terdampak gangguan.
- Penulis: Dheza